Sejarah Kondisi Politik Indonesia Sampai Sekarang

Sejarah Kondisi Politik Indonesia Sampai Sekarang

Sejarah Kondisi Politik Indonesia Sampai Sekarang

TW Politics – Melihat kondisi politik Indonesia pada era Soekarno dan Suharto adalah masa kegagalan politik, karena keduanya lengser oleh tekanan massa. Para demonstran pada waktu itu merasa tidak puas dan terlampaui muak dengan otoriterianisme, dan mengangap reputasi pemerintah penerus pemerintahan yang buruk.

Pergerakan massa hingga muncul order lama, order baru hingga masa reformasi yang menandakan perjalanan politik Indonesia sangat berlika-liku seiring berjalannya waktu, pemerintah mencoba untuk memperbaiki sistem politik menjadi lebih baik. Inilah sejarah kondisi politik Indonesia sampai sekarang.

Awal Mula Politik Indonesia

Peran keagamanan pada awal kondisi politik Indonesia diperkenalkan memang sangat berpengaruh terhadap pegambilan kebijakan politik. Sebetulnya politik sudah diawali jauh sebelum Indonesia merdeka. Bahkan dunia politik dilakukan oleh masa penjajahan Belanda, dari awal kedatangan bangsa Eropa hingga berakhir pada masa penjajahan Jepang. Agar lebih jelas, berikut ulasannya.

Masa Prakolonial Indonesia

Sumber-sumber dari berbagai lansiran media menunjukkan bahwa Indonesia telah memiliki berbagai entitas politik sejak awal mula sejarah. Entitas tersebut telah berevolusi dari pusat politik di sekitar perorangan, dimana masa kepemimpinannya diwujudkan dalam diri seseorang. Mereka juga mempunyai keterampilan tertentu dan kharisma menjadi seorang pemimpin baru. Entitas politik yang diberikan oleh seseorang dinyatakan seolah-olah mirip dengan Tuhan, dan memiliki kekuatan supranatural serta didukung oleh tentara dan rakyat yang membayar upeti kepada raja.

Masa Penjajahan Indonesia

Kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia memang tertarik dengan potensi menjanjikan, yakni perdagangan rempah-rempah. Perdagangan tersebut termasuk titik balik utama dalam sejarah kepulauan. Orang Protugis, khususnya orang Belanda dengan teknologi canggih dan persenjataan baru, membuatnya berhasil menjadi pemegang kekuatan ekonomi dan politik. Mengingat masa penjajahan Belanda di Indonesia yang cukup lama, mereka pun berhasil mempengaruhi dan mendominasi kepulauan negeri ini.

Politik Indonesia Setelah Merdeka

Setelah merdeka, kondisi politik Indonesia ditandai dengan kedaulatan rakyat yang termanifestasi dalam pemilihan parlemen dan presiden setiap lima tahun. Setelah berakhir orde lama pimpinan Soekarno, muncul orde baru yang dipimpin Suharto, dan mulailah periode reformasi, dan setiap pemilu di Indonesia dianggap bebas dan adil. Berikut penjelasan singkat politik Indonesia pada saat itu.

Orde Lama Soekarno

Presiden pertama Indonesia, Soekarno memang berhasil memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari para penjajah Tetap setelah merdeka, beliau memiliki tugas berat untuk memimpin negara baru dengan tatatan politik baru dan sosial masyarakat. Rupanya politis generasi muda yang tidak memiliki pegalaman sebelumnya membuat kesulitan dalam membimbing negara. Keadaan ini akhirnya memuncak pada kekacauan di pertengahan tahun 1960. Hingga lambat laun runtuhlah order lama masa pemerintahan Soekarno.

Orde Baru Suharto

Suharto adalah presiden ke-2 RI, dan telah berhasil merebut kekuasaan pada tahun 1960-an di tengah pergolakan massa. Pada masa pemerintahan ini, beliau memerintah Indonesia selama lebih dari tiga puluh tahun dan ditandai dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat, yakni pengurangan kemiskinan.

Namun pada kenyataanya penindasan dan korupsi tetap terjadi yang membuatnya akhirnya lengser dari tatanan pemerintahan. Ketika ekonomi domestik, dasar legimitasi kekuatannya, runtuh pada tahun 1990-an, dan Suharto kehilangan kendali kekuasaannya. Kemudian digantikan oleh BJ. Habibie dalam masa pemerintahannya.

Reformasi Indonesia

Setelah kondisi politik Indonesia di bawah pemerintahan otoriter selama 30 tahun lebih, dunia politik mengalami proses pembaharuan pada masa reformasi. Hal ini untuk memberikan kekuatan lebih banyak kekuasaan dan politik kepada masyarakat. Pemerintahan ini ditandai dengan perubahan struktural, yakni desentralisasi kekuasaan ke daerah dan pembatasan kekuasaan presiden. Namun juga ditandai oleh kesinambungan, seperti korupsi, kemiskinan dan pengelompokkan modal di kalangan atas.

Masa Indonesia Sekarang

Indonesia merupakan negara demokrasi konstitusional yang berdaulat atas rakyat. Apalagi setelah jatuhnya rezim orde baru pada tahun 1998, berbagai perubahan konstitusional telah dilakukan untuk melemahkan kekuasaan eksekutif. Kemudian hal ini membuat sistem kediktratoran baru hampir mustahil. Kini masa pemerintahan politik Indonesia semakin membaik sesuai tatanan konstitusional yang berlaku.

Politik Indonesia Sekarang

Kondisi politik Indonesia sekarang yang menjunjung tinggi demokrasi rakyat, sehingga diharapkan jajaran pemerintahan tidak sewenang-wenang terhadap masyarakat dalam memimpin. Bahkan diharapkan tidak ada kekuasaan yang bersifat otoriter. Kemajuan politik pun ditandai pada saat penyelenggaraan pemilu secara langsung pertama kali pada tahun 2004. Pada waktu itu adalah pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden.

Kini hampir setiap daerah, wilayah dalam memilih walikota atau bupati menggunakan sistem pemilu langsung yang berasaskan LUBER yakni singkatan dari Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia, yang rupanya sudah muncul pada era order baru. Sedangkan asas JURDIL yang merupakan singkatan Jujur dan Adil.

Demikian sejarah panjang dari kondisi politik Indonesia sampai sekarang. Semoga kita semakin paham tentang perjalananan awal politik hingga masa politik zaman digital seperti sekarang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *